Mengatasi Latency Dengan Asio4All

Latency adalah mengkonversi sinyal analog menjadi sinyal digital yang dalam prosesnya memerlukan waktu, jika konversi yang digunakan menggunakan direct pada soundcard maka memberi beban pada soundcard sehingga waktu untuk mengkonversinya akan lebih lama sehingga akan ada jeda. Jika soundcard yang digunakan sudah disertai ic bypass, ic driver converter analog to digital maka latency yang besar bisa ditangani menjadi kecil, namun bagaimana dengan souncard onboard? pasti latencynya sangat besar maka jedanya pun semakin lama.

Maksudnya gimana jeda itu?. Maksudnya adalah disaat kita take, misalkan take gitar pada aplikasi semacam Nuendo atau aplikasi recording lainnya lalu monitor pada aplikasi recording dihidupkan, ketika memetik senar gitar maka suaranya akan keluar di output(speaker) agak lambat atau ada jeda, nah itulah yang dimaksud dengan jeda/latency.

Bagaimana cara mengatasi latency jika menggunakan soundcard onboard? Bisakah souncard onboard seakan-akan tidak ada latency? Jawabannya bisa, yaitu dengan cara menginstall driver soundcard yang bernama ASIO4ALL. ASIO4LL diberikan secara free alias gratis untuk siapa saja. Pengalaman saya jika menggunakan direct soundcard untuk drivernya maka latencynya bisa sampai 110ms tergantung saya memilih sample bit ratenya, namun setelah saya menginstall ASIO4LL dan menggunakannya sebagai driver maka latencynya cuma 13ms jadi seakan-akan tidak ada jeda.

ASIO4ALL

Apakah bisa latencynya menjadi 0ms? Jawabnya tidak akan ada yang bisa walau menggunakan soundcard semahal apapun, karena untuk mengkonversi dari sinyal analog ke digital memerlukan waktu. Apakah hasil suara yang telah didriver oleh ASIO4ALL berkualitas baik untuk standar home recording (jangan bicara standar label recording karena sudah tidak logika), Jawabannya iya, dan tergantung cara pemanfaatannya, cara teknisnya, hardware-hardware pendukungnya, dan yang pasti operatornya. Akan beda hasilnya jika cara teknis recording dari INSTRUMENT ke soundcard dengan dari INSTRUMENT ke PreAmp lalu ke soundcard dan sangat beda lagi jika dari INSTRUMENT misal ke POD Line 6 (Sudah ada PreAmp digital bukan analog lagi) lalu ke Compressor misalkan Eleven Rack (dari Digidesign) lalu ke soundcard onboard. Tapi alat mahal bukan jaminan membuat suara menjadi bagus (tanpa peak, tanpa noise, dan masteringnya bisa tinggi) semua kembali lagi ke operatornya.

Langsung saja kalau mau download ASIO4ALL-nya di link berikut ini: http://www.asio4all.com/
Written by: Adam Marchel
Digital Life Style, Updated at: 6:21:00 AM

Ditulis Oleh : Mustain ~ experience-adam

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Mengatasi Latency Dengan Asio4All yang ditulis oleh Digital Life style yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini Tanpa izin.Kalau masih ngeyel ya silahkan,Dosa Tanggung sendiri,he he salam

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Digital Life style

0 komentar:

Post a Comment

experience-adam.net. Powered by Blogger.
Back to top