Pengertian VoLTE (Voice Over LTE)

 Apa Sebenarnya Teknologi VoLTE itu?


Teknologi VoLTE itu layanan komunikasi yang menggunakan jaringan 4G LTE dalam mengirimkan data, mulai dari SMS, suara dan video menjadi satu. Voice over LTE (VoLTE) saat ini memang udah mulai digunain sama sejumlah operator telekomunikasi di dunia. Awal mulanya VoLTE pertama kali dikembangkan pada tahun 2010, kemudian GSMA (Global System for Mobile Communication) mencari solusi untuk generasi digital supaya bisa komunikasi dengan lancar.

Nah, kalau agan bertanya-tanya, lebih lancar mana layanan VoLTE dengan layanan suara lainnya? Bedanya nih, layanan 3G cuma punya high speed data service sekitar 384 kbps – 2Mbps jadi pas agan video call-an bisa patah-patah karena internetnya kurang cepat.

Sedangkan jaringan 4G LTE yang dilengkapi VoLTE mempunyai fitur sendiri yang dikembangkan dari sistem IMS (IP Multimedia System), di mana dulu kita cuma bisa gunain SMS dan telepon aja, tapi kalau pakai LTE lo bisa gunain fitur Voice Call dan Video Call.

Jadi, agan tinggal pencet aja tombol voice atau video call, buat komunikasi bareng teman atau pacar agan yang lagi jauh, karena sebenarnya layanan voice call dan video call yang gunain jaringan 4G LTE itu punya "jalur cepat" (Dedicated Bearer) buat menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan gambar nggak patah-patah selama video call-an.

Bukan cuma video call yang nggak ada noise-nya, tapi ada lagi alasan lo perlu gunain VoLTE buat komunikasi nih. Kalo smartphone lo udah pakai jaringan 4G LTE terus mengandalkan teknologi VoLTE buat komunikasi terkini, lo bisa bebas video call tanpa suara berisik di sekitar, kenapa? Karena VoLTE punya teknologi khusus buat ngilangin suara bising atau noise saat agan berada di tempat ramai, misalnya nelfon selama di jalan atau di mall. Agan dan orang yang ditelpon nggak akan denger suara berisik klakson di jalan atau berisik anak kecil di mall karena teknologi penghilang suara yang diterapkan di VoLTE.

Nah, itu dia beberapa keunggulan jaringan 4G LTE dan teknologi VoLTE. Kalau agan-agan penasaran sama teknologi VoLTE dan pengen ngerasain langsung seperti apa komunikasi via VoLTE, agan bisa langsung bungkus dua smartphone terbaru dari Smartfren yaitu Andromax R2 dan E2. Dua smartphone tersebut jadi smartphone Android pertama yang menyediakan layanan VoLTE dan 4G LTE Advanced.

Sumber : Kaskus

Written by: Adam Marchel
Digital Life Style, Updated at: 10:15:00 PM

Ditulis Oleh : Mustain ~ experience-adam

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian VoLTE (Voice Over LTE) yang ditulis oleh Digital Life style yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini Tanpa izin.Kalau masih ngeyel ya silahkan,Dosa Tanggung sendiri,he he salam

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Digital Life style

0 komentar:

Post a Comment

experience-adam.net. Powered by Blogger.
Back to top